Harta Karun Senilai Miliaran Dolar Ditemukan di Sebuah Kuil di India

Devotees leave Sree Padmanabhaswamy temple after offering prayers on the eve of Pongala festival in Thiruvananthapuram
Umat Hindu meninggalkan kuil Sree Padmanabhaswamy setelah melakukan sembahyang 
pada malam festival Pongala di Thiruvananthapuram, Ibu Kota Negara bagian Kerala di 
India selatan, 18 Februari, 2011. Harta karun senilai miliaran dolar ditemukan di tempat-
tempat penyimpanan harta di bawah kuil ini. REUTERS/Sivaram V (INDIA - Tags: RELIGION 
BUSINESS SOCIETY)
AFP – Sun, Jul 3, 2011. Sebuah harta karun yang terdiri dari perhiasan emas dan perak, koin dan batu mulia yang disebut-sebut bernilai miliaran dolar telah ditemukan di sebuah kuil Hindu di selatan India, kata para pejabat pada hari Sabtu kemarin.
Nilai dari harta benda tersebut menurut perkiraan awal mencapai lebih dari 500 miliar rupee ($11,2 miliar), kata Sekretaris Kepala Kerala K. Jayakumar, yang dengan demikian menempatkan kuil tersebut menjadi salah satu dari kelompok kuil-kuil terkaya di India.
Ribuan kalung, koin dan batu mulia tersebut tersimpan di sekurangnya lima tempat penyimpanan bawah tanah di Kuil Sree Padmanabhaswamy yang terkenal dengan seni pahatnya yang rumit.
“Kami akan membuka satu lagi kamar rahasia yang belum pernah dibuka selama hampir 140 tahun,” kata Jayakumar pada AFP.
Nilai aktual dari harta karun tersebut baru bisa dipastikan hanya setelah harta benda tersebut diperiksa oleh departemen arkeologi, kata Jayakumar.
Kuil tersebut, yang merupakan persembahan pada dewa Hindu Wishnu, dibangun ratusan tahun lalu oleh raja Travancore dan sejak itu pula sumbangan dari para umat yang taat telah disimpan di tempat-tempat penyimpanan bawah tanah yang terdapat di kuil tersebut.
Sebuah kalung yang ditemukan pada hari Kamis adalah sepanjang 18 kaki (enam meter). Ribuan koin emas juga telah ditemukan.
Karena India memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, sebuah trust yang dikelola oleh para keturunan raja Travancore mengambil alih kontrol atas kuil tersebut.
Tapi Mahkamah Agung India baru-baru ini memerintahkan kuil tersebut dikelola oleh negara untuk menjamin keselamatan harta benda yang tersimpan di dalamnya.
Hingga kini, kuil Thirupathy di selatan negara bagian Andhra Pradesh dipercaya sebagai kuil terkaya di India dengan jumlah sesembahan dari umatnya yang mencapai 320 miliar rupee.
Penemuan harta karun yang besar di kuil Padmanabhaswamy telah memaksa polisi meningkatkan dengan tajam instalasi kamera dan alarm.
Pihak penguasa juga berencana untuk membangun sebuah komando pasukan keamanan, kata direktur jenderal polisi Kerala Jacob Punnoose.
“Sekarang semua belahan dunia sudah tahu bahwa kuil Padmanabhaswamy memiliki permata yang bernilai miliran rupee, sehingga kami harus menerapkan keamanan yang maksimum,” kata Menteri Kepala Kerala Oomen Chandy pada AFP.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger