Ayam Organik Vs Ayam 'Free-range'

Free-range chickens have varying degrees of access to the outdoors.
Istilah “organik” dan ”free-range” (berkeliaran bebas) telah menjadi semakin populer baik merujuk pada makanan produk pertanian maupun makanan produk hewan. “Organik” mengacu pada seperangkat standar yang ditetapkan oleh pemerintah tentang budidaya tanaman dan hewan, dengan fokus utamanya pada menghindari zat-zat kimia sintetis dan sumber-sumber makanan tertentu  bagi hewan, dan mewajibkan akses luar ruang hingga batas-batas tertentu. “Free-range,” sebaliknta, tidak merujuk pada sumber-sumber makanan atau zat-zat kimia, tetapi hanya pada fakta bahwa hewan tersebut mempunyai kesempatan untuk berkeliaran keluar kandang.

Produk-produk Makanan Organik

Produk-produk makanan yang diproduksi secara organik harus sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan oleh Departemen Pertanian AS. Di antara standar-standar tersebut adalah persyaratan agar makanan organik menghindari zat-zat kimia sintetis, dan tidak menggunakan pupuk, hormon, dan antibiotik dalam produksinya. Makanan yang “100 persen organik” harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah secara mutlak, sedangkan produk yang mempunyai kandungan sekurangnya 70 persen organik hanya boleh mencantumkan di dalam labelnya bahwa produk tersebut “dibuat dengan bahan-bahan organik.”

Produk Hewan Organik dan Ayam Organik

Di samping mengatur tipe-tipe makanan dan zat-zat yang boleh diekspos terhadap hewan, Departemen Pertanian AS juga mengatur hal-hal yang lebih luas tentang kondisi kehidupan hewan. Deptan AS mewajibkan hewan ternak, termasuk ayam, yang diberi label “organik” harus diberi “akses terhadap padang rumput” selama masa pertumbuhannya. Persyaratan ini juga mencakup “akses ke luar kandang, akses terhadap sinar matahari, udara segar, dan akses terhadap kebebasan bergerak.”

Ayam Free-Range

Standar yang ditetapkan oleh Deptan AS menghendaki para produsen ayam “free-range” “mendemonstrasikan bahwa unggas tersebut telah diberi akses ke dunia luar” selama masa pertumbuhannya. Akan tetapi, aturan soal “free-range” tidak menetapkan jumlah waktu tertentu di siang hari selama ayam-ayam tersebut harus “diberi akses” ke luar kandang, atau ukuran luas lahan di luar kandang tempat mereka boleh berkeliaran. Hal ini membuat istilah “free-range” tersebut menjadi ambigius karena tidak adanya definisi yang lebih mendasar tentang kondisi di mana ayam-ayam tersebut dibesarkan. Menurut bahasa aturan, semua ayam organik dibesarkan dalam kondisi free-range generik. Akan tetapi, ayam free-range tidak dengan serta merta digolongkan sebagai produk makanan organik.  

Gizi dan Rasa

Deptan AS mencatat bahwa istilah seperti “organik” dan “free-range” hanya menunjukkan proses produksi dari makanan tersebut, dan bukan merupakan kualitas akhir atau nilai gizi dari makanan tersebut. Secara umum, makanan organik telah terbukti, kebanyakan, hanya mempunyai sedikit perbedaan gizi dibandingkan dengan makanan yang dikembangkan atau ditanam secara konvensional, meski penelitian dalam bidang ini masih terus berlanjut, menurut Deptan AS. Meski sejumlah kecil penelitian Inggris yang diterbitkan pada bulan Maret 2008 di dalam “British Poultry Science” menunjukkan secara subjektif lebih banyak orang yang suka makan ayam yang dikembangkan secara konvensional daripada makan ayam “free-range” atau organik, namun penelitian ilmiah tentang rasa yang lebih disukai antara ayam organik dan ayam free-range masih sangat terbatas. (by Aaron Ziv, Demand Media)

Hydrobromic Acid in Acetic acid. Global supplier. Super-low price!
For Healthy Weight loss special offers for retail and wholesale
KIMITEC, nutrition in hydroponics organic and conventional crops
Learn how to farm organically Books, magazine on crops, livestock

References
  1. U.S. Department of Agriculture; Organic Production and Organic Food; June 2007
  2. U.S. Department of Agriculture: Organic Labeling and Marketing Information; April 2008
  3. U.S. Department of Agriculture: Access to Pasture Rule for Organic Livestock; November 1, 2010
  4. Food Safety and Inspection Service: Meat and Poultry Labeling Terms
  5. Tufts University: Food and Animal Welfare
  6. U.S. Department of Agriculture; Should I Purchase Organic Foods?; October 2008
  7.  
Resources

About the Author
Aaron Ziv has been a writer and photojournalist for 10 years in Washington, D.C., and the Middle East. A student of political science and psychology from the University of Maryland, he also does technical and market analysis for a green technology company. His work has appeared in local newspapers, commissioned research and a patent or two. He began writing professionally in 1998.

Photo Credits
Jupiterimages/Photos.com/Getty Images

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger