Mulai dari penggantian mesin pemotong rumput
secara gratis dan sebuah kamar hotel yang lebih mewah hingga sebuah tempat
duduk yang menggiurkan dalam sebuah penerbangan pengganti setelah penerbangan
yang seharusnya ditunda, para konsumen ini telah menguasai seninya mendapatkan
apa yang mereka inginkan dari seorang petugas humas.
Tidak ada salahnya bertanya
Nama: Danny Kofke, 36
Pekerjaan: Guru pendidikan khusus dan pengarang
Lokasi:Hoschton , Ga.
Pekerjaan: Guru pendidikan khusus dan pengarang
Lokasi:
Courtesy: Danny Kofke |
Saya berlangganan NFL Sunday Ticket pada Direct TV. Saya menyaksikan
sebuah iklan yang menawarkan fitur SuperFan ekstra yang akan memberi Anda games
high-definition jika Anda melakukan sign up untuk hari Minggu. Tapi para
pelanggan lama harus membayar $99.
Saya menelepon dan mengatakan saya menginginkan games tersebut
secara gratis pula, karena saya adalah pelanggan yang setia. Petugas humasnya
mengatakan pada saya bahwa promosi tersebut hanya berlaku bagi para pelanggan
yang baru, sehingga saya katakan saya akan berhenti saja berlangganan. Setelah 15
menit, saya diberi games tersebut secara gratis pula. Tidak ada salahnya
bertanya.
Jangan menyalahkan petugas humas
Nama: Terry Mingle, 46
Pekerjaan: Asisten administratif Universitas
Lokasi:Cortland , NY
Pekerjaan: Asisten administratif Universitas
Lokasi:
Courtesy: Terry Mingle |
Saya biasanya memulai dengan mengatakan sesuatu seperti,
‘Saya tahu ini bukan salah Anda, tetapi ….’ Dan mengakhirinya dengan ‘…. Saya
ingin menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan sedamai mungkin bagi kita
berdua.’
Biasanya orang yang menyebabkan masalah bukankah orang yang
Anda telepon, tapi Anda menginginkan mereka berada di pihak Anda untuk mencari
jalan keluar dari masalah tersebut. Mereka hanya melakukan pekerjaan mereka.
Sampaikan keluhan Anda hingga petingginya
Nama: Ric Franchetti, 58
Pekerjaan: Konsultan keuangan
Lokasi:Plano , Texas
Pekerjaan: Konsultan keuangan
Lokasi:
Courtesy: Ric Franchetti |
Ketika baterai alat pemotong rumput elektrik milik saya dari
Home Depot mulai tidak bisa menyimpan charge
lagi satu tahun setelah saya membelinya, saya berharap Home Depot
menghormati garansi yang tertulis. Tapi toko tersebut mengatakan baterai tidak
termasuk dalam garansi karena bisa digonta-ganti (expendable).
Lalu saya mencari nama pimpinan Home Depot di Google dan
mengirim email padanya dengan sopan yang isinya menjelaskan masalah yang saya
hadapi. Enam hari kemudian, manajer Home Depot lokal di tempat saya datang ke
rumah saya dan mengganti baterai tersebut. Dan ketika ternyata baterai tersebut
tidak cocok, dia memberi saya mesin pemotong rumput yang baru. Dan dia membawa
mesin lama saya tersebut!
Beri krikan yang konstruktif
Nama: Terry Price, 57
Pekerjaan: Manajer service delivery
Lokasi:Independence , Iowa
Pekerjaan: Manajer service delivery
Lokasi:
Courtesy: Terry Price |
Saya mengalami masalah dengan gitar bekas yang saya beli
secara online. Saya diberi tagihan
pembayaran dan kepastian tanggal pengiriman, tapi barangnya tidak sampai pada
tanggal tersebut. Ketika saya telepon, mereka memastikan bahwa gitar tersebut
akan segera tiba—tapi nyatanya tidak pernah tiba.
Kemudian saya mengirim email pada situs tersebut dan memberi
saran untuk perbaikan layanan mereka di masa yang akan datang, termasuk
mengatakan bahwa mereka harus melakukan penelitian setelah kejadian. Saya juga
mengatakan bahwa mereka tidak akan kehilangan saya sebagai pelanggan. Saya tahu
semua orang pasti pernah salah.
Mereka membalas email saya dan mengatakan mereka sangat
menghargai masukan dari saya dan menawarkan saya sebuah gitar yang baru seharga
$800 dengan harga yang sama dengan gitar bekas yang saya pesan, yaitu sebesar
$400.
Catat dengan hati-hati dan tetap tenang
Nama: Pam Lee, 51
Pekerjaan: Business analysis manager
Lokasi:San Francisco
Pekerjaan: Business analysis manager
Lokasi:
Courtesy: Pam Lee |
Saya membutuhkan tiga panggilan telepon untuk memecahkan
masalah dengan perangkat broadband
Virgin Mobile saya. Kali pertama saya diberi tahu bahwa masalah itu bisa
diselesaikan dari jarak jauh dan bahwa saya tidak perlu memberikan nomer kontak
saya. Kali ke dua saya diberitahu bahwa masalah tersebut tidak bisa
diselesaikan dari jarak jauh karena mereka tidak punya nomer kontak saya.
Setelah secara tidak tepat mengatakan bahwa itu adalah
masalah jaringan, si agen yang ke tiga mengatakan bahwa dia tidak bisa
melakukan apapun lagi untuk membantu saya. Saya minta dihubungkan dengan
manajernya dan saya kemukakan apa yang saya inginkan dengan tenang. Sang
manajer menyambut dengan memberi solusi yang inovatif. Selama melakukan kontak
telepon ini, saya mencatat dengan siapa saya berbicara dan apa yang mereka
janjikan, meminta tanda terima (ticket)
dan nomer kasus (case numbers)-nya,
dan tetap menceritakan apa adanya. (As told
to by Ismat Sarah Mangla , Monday, November 21, 2011)
This article is part of a series related to being Financially Fit
0 comments:
Post a Comment