Ilmuwan Temukan Planet Baru Seukuran Bumi

Alpha Centauri triple stellar system
Gambaran oleh artis ini menunjukkan planet temuan 
baru tersebut sedang mengorbit bintang Alpha Centauri B
salah satu dari sistem tiga bintang kembar (triple star system
yang terdekat dengan Bumi. Alpha Centauri B adalah 
benda langit paling berkilau dan benda langit paling
berkilau lainnya adalah Alpha Centauri A
Matahari kita tampak di sebelah kanan atas.
Para peneliti mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet baru seukuran Bumi yang sedang mengorbit sistem bintang Alpha Centauri, tetangga stellar kita yang terdekat. Mereka menemukan planet tersebut, yang ukurannya tidak lebih besar dari Bumi, dengan cara menganalisis adanya fluktuasi-fluktuasi kecil dalam gerakan sistem bintang dengan menggunakan teleskop di La Silla Observatory di Chili. Analisis tersebut akan diterbitkan besok, tanggal 17 Oktober, 2012, di dalam jurnal Nature.
Planet tersebut memberi tarikan kecil (a little tug) terhadap bintang yang diorbitnya, yang bisa dilihat oleh para peneliti meskipun ukurannya sangat kecil.

SEE ALSO: Everything You Need To Know About Alpha Centauri >
Sayangnya, planet tersebut sangat dekat dengan bintangnya (bahkan lebih dekat dibandingkan dengan jarak planet Merkuri dengan matahari kita—satu tahun dalam planet tersebut hanya memakan waktu tiga hari) sehingga membuatnya hanya seperti sebongkah batu yang panas, yang tidak bisa menunjang kehidupan. Namun, masih ada harapan bahwa sistem tersebut bisa memiliki planet-planet lain di sekitarnya, kata para peneltii.
“Ini adalah planet pertama dengan massa serupa dengan Bumi yang pernah ditemukan di sekitar bintang seperti halnya Matahari. Orbit planet tersebut berada sangat dekat dengan bintangnya dan keadaannya pasti sangat panas untuk dihuni makhluk hidup sebagaimana yang kita ketahui,” kata peneliti studi dari Geneva Observatory Stéphane Udry, dalam sebuah pernyataannya. “Namun boleh jadi planet tersebut hanyalah salah satu planet dalam sebuah sistem yang terdiri dari beberapa planet.
Sistem bintang Alpha Centauri bisa dilihat sebagai bintang paling terang ketiga yang ada di langit kita, dan berjarak sejauh 4,35 tahun cahaya dari matahari. Hal ini berarti, jika kita bisa bergerak dengan kecepatan sama dengan atau hampir sama dengan kecepatan cahaya, maka diperlukan waktu kurang dari lima tahun untuk mencapai sistem bintang tersebut. Sayangnya, kita tidak mungkin bisa bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya—bahkan pesawat ruang angkasa tanpa awak tercepat sekalipun yang dikirim dari Bumi akan memakan waktu 20.000 tahun untuk mencapai Alpha Centauri tersebut.
“Hasil ini menunjukkan adanya sebuah kemajuan besar dalam hal pendeteksian akan adanya sebuah Bumi kembar di wilayah sekitar Matahari. Kita hidup dalam masa yang menyenangkan!” kata peneliti studi Xavier Dumusque dalam sebuah pernyataannya.
Ratusan eksoplanet telah ditemukan semenjak tahun 1995, 750 di antaranya telah dikonfirmasi dan 2,300 lainnya masih harus ditinjau kembali. Eksoplanet ini biasanya jauh lebih besar daripada bumi, dan letaknya jauh lebih jauh dibandingkan dengan Alpa Centauri.
Para peneliti berharap bahwa metode yang sangat tepat yang digunakan dalam studi ini bisa pula mengungkapkan fenomena adanya super-Bumi (super-Earths) yang terletak di dalam zona yang bisa dihuni (di mana air cair bisa terdapat) dari sistem bintang ini atau bintang-bintang serupa matahari lainnya yang berdekatan. (Jennifer Welsh | Oct. 17, 2012, 10:27 AM | 3,406 | 8)
Recommended For You
http://www.businessinsider.com/earth-sized-planet-circling-alpha-centauri-2012-10

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger