12 Makanan dengan Daya Penyembuhan Super

Cabbage Juice for Ulcers
http://www.emustore.com/blog/cabbage-juice-for-ulcers/ 

Sebagai bagian dari diet yang sehat, makanan untuh (whole food) memainkan peran penting dalam membantu tubuh kita tetap sehat. Ada ratusan whole foods yang sangat-sangat bergizi, tapi selusin yang tercantum dalam daftar di bawah ini lebih dari hanya sekedar bergizi—tetapi juga bisa menyembuhkan penyakit. Nyatanya, masing-masing makanan yang ada dalam daftar di bawah ini mempunyai efek penyembuhan yang banyak, mulai dari melawan kanker hingga mengurangi kolesterol, menghindari serangan jantung, dan banyak lagi. Makanlah makanan yang berkhasiat ini dan rasakan menfaat kesehatannya.
Buah Kiwi
Buah yang kecil namun kaya akan gizi ini mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah yang mengagumkan (dua kali lipat dari yang terdapat pada jeruk), mempunyai serat lebih banyak daripada apel, dan mengalahkan pisang dalam hal kandungan potassium-nya. Gabungan yang unik dari phytonutrients, vitamin, dan mineral yang ditemukan dalam buah Kiwi membantu melindungi tubuh dari  serangan jantung, stroke, kanker, dan penyakit pernapasan. Properti pengencer darah (blood-thinning) yang terdapat dalam buah Kiwi bekerja tanpa efek samping aspirin dan men-support kesehatan vaskuler dengan cara mengurangi pebentukan darah beku, mengurangi kolesterol LDL, dan menurunkan tekanan darah. Pelbagai penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi tidak hanya mengurangi stress oksidatif dan kerusakan DNA tetapi juga merangsang sel-sel yang rusak untuk memperbaiki diri.
Buah Kiwi sering diresepkan sebagi bagian dari resimen diet untuk melawan kanker dan penyakit jantung, dan dalam pengobatan China digunakan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka dan memar.
Berapa banyak: Usahakan makan satu hingga dua buah Kiwi sehari ketika sedang musimnya, untuk mendapatkan rasa dan gizi terbaiknya. Buah Kiwi yang tumbuh di California berbuah mulai April hingga November.
Tips:
·        Kiwifruit mengandung enzim yang akan langsung aktif begitu Anda memotong buah tersebut, sehingga menyebabkan buahnya menjadi lembek.  Jika Anda membuat rujak buah, potonglah buah ini terakhir kali.
·        Semakin matang buah Kiwi, semakin kuat kandungan antioksidan-nya, jadi tunggulah hingga benar-benar matang.
Cheri
Buah cheri mengandung banyak tenaga penyembuhan. Untuk pemula, buah cheri mengandung jus bergizi yang sangat powerful dengan kandungan kalori yang relatif rendah. Buah cheri juga mengandung banyak zat yang bisa membantu melawan inflamasi dan kanker. Dan bukan itu saja, dalam penelitian laboratorium, quercetin dan asam alergi, dua senyawa yang terkandung dalam buah cheri, telah terbukti mampu mencegah pertumbuhan tumor dan bahkan bisa membuat sel-sel kanker melakukan bunuh diri—tanpa menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang sehat. Buah cheri juga mengandung property antiviral dan antibakterial.
Anthocyanin, senyawa lain yang ditemukan dalam buah cheri, dihargai karena mampu menurunkan asam urik dalam darah, dengan demikian mengurangi penyebab timbulnya encok (gout). Para peneliti percaya bahwa anthocyanins bisa mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Lebih lanjut, senyawa ini bekerja seperti sebentuk ibuprofen yang alami, mengurangi inflamasi dan mengatasi rasa sakit. Jika mengkonsumsi buah cheri secara teratur bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.
Dalam pengobatan China, buah cheri sering digunakan sebagai obat encok, arthritis, dan rematik (juga bisa mengobati anemia, karena mengandung zat besi yang tinggi). Di samping itu, buah cheri berasa lezat.
Berapa banyak: Usahakan makan buah cheri setiap hari ketika sedang musimnya di tempat Anda. Dan simpan sekantung buah cheri beku di dalam freezer Anda sebagai persediaan; buah cheri beku bisa menyimpan 100% nilai gizinya dan merupakan campuran yang menarik untuk smoothies, yogurt, dan oatmeal.
Tip:
·        Belilah buah cheri organik atau cuci buah cheri hingga bersih, karena buah cheri yang ditanam secara konvensional mengandung banyak pestisida.

Jambu Biji
Jambu biji adalah buah tropis yang kecil yang bisa berbentuk bulat, oval, atau berbentuk seperti jambu air. Jambu biji mengandung antioksidan lycopene yang bisa melawan kanker lebih banyak daripada buah-buahan lainnya, dan hampir 20 persen lebih banyak dari yang terdapat pada tomat. Tubuh kita tidak bisa memproses lycopene yang terkandung dalam buah tomat dalam jumlah banyak kecuali jika dimasak; proses memasak membantu memecah dinding-dinding sel yang keras. Akan tetapi, struktur sel jambu biji memungkinkan antioksidan-nya terserap apakah buah tersebut dalam keadaan dimasak atau mentah, dan keseluruhan bagian buah ini menawarkan gizi tanpa menimbulkan sodium tambahan seperti yang timbul ketika tomat dimasak.
Lycopene melindungi sel-sel sehat dalam tubuh kita dari radikal bebas yang bisa menyebabkan semua jenis kerusakan, termasuk tersumbatnya arteri, degenerasi persendian (joint degeneration), gangguan sistem saraf, dan bahkan kanker. Konsumsi lycopene dianggap bisa memperkecil kemungkinan terkena kanker prostate; sebagai tambahan, pria yang menderita tumor prostate yang mengkonsumsi suplemen lycopene menunjukkan perbaikan yang signifikan, seperti mengecilnya tumor dan menurunnya keganasan (malignancy). Lycopene juga terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara, dan penelitian mengisyaratkan antioksidan ini bisa juga membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung koroner.
Buah kecil yang kelihatan aneh ini juga banyak mengandung vitamin C dan anti-oksidan lainnya. Per porsi-nya, jambu biji menawarkan potassium 60% lebih banyak daripada yang terdapat dalam buah pisang, yang mana bisa membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung dan stroke. Faktanya, zat gizi yang terkandung dalam buah jambu biji telah terbukti mampu menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, mengurangi triglycerides, dan menurunkan tekanan darah.
Berapa banyak: Usahakan makan buah jambu biji segar sesering mungkin setiap kali Anda menemukannya di pasar. Buah jambu biji jarang dijual dalam freezer; dan kebanyakan jus jambu biji telah diproses dan diberi pemanis, sehingga tidak lagi mempunyai nilai nutrisi yang superior seperti halnya dalam keadaan buah utuh. Satu atau dua buah jambu biji sehari adalah cukup.
Tip:
·        Carilah buah jambu biji berdaging merah jika ada; jambu biji berdaging merah maupun yang berdaging putih keduanya kaya akan antioksidan, tetapi yang berdaging merah mengandung antioksidan yang lebih banyak.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan ajaib. Kacang-kacangan bisa menurunkan kolesterol, memperlancar produksi gula darah dan insulin, meningkatkan kesehatan digestif, dan melindungi tubuh dari kanker. Jika Anda berpikir tentang serat, protein, dan antioksidan dan pikiran Anda langsung tertuju pada gandum utuh, daging dan buah, pikirkanlah lagi—kacang-kacangan mempunyai ketiga kandungan tersebut dalam satu paket.
Campuran phytochemicals (fitokimia) yang ditemukan di dalam kacang-kacangan telah terbukti melindungi sel-sel dari aktifitas kanker dengan cara mencegah sel-sel kanker menyebar, memperlambat pertumbuhan tumor. Para peneliti di Harvard School of Public Health melaporkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kacang-kacangan sekurangnya dua kali seminggu 24% lebih kecil kemungkinan akan menderita kanker payudara, dan ada banyak penelitian yang menghubung-hubungkan kacang-kacangan dengan menurunnya resiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kanker payudara dan kanker usus besar.
Kacang-kacangan menyediakan antioksidan dalam jumlah banyak, yang dengan demikian membantu mencegah dan memerangi kerusakan oksidatif. Faktanya, daftar peringkat makanan menurut kandungan antioksidan-nya yang dikeluarkan USDA menempatkan tiga jenis kacang-kacangan (kacang merah, kacang ginjal merah (red kidney beans), dan kacang pinto) dalam posisi empat teratas—dari semua jenis makanan. Kacang adalah sumber serat diet, protein, dan zat besi yang besar. Kacang juga mengandung asam amino tryptophan; makanan dengan kandungan tryptophan yang tinggi bisa membantu menambah selera makan, membuat tidur jadi lebih enak, dan memperbaiki mood Anda. Banyak kacang yang kaya akan folate, yang berperan penting bagi kesehatan jantung. Dan tergantung jenis kacang apa yang Anda makan, Anda juga akan mendapatkan potassium, magnesium, vitamin B1 dan B2, dan vitamin K dalam jumlah cukup. Kacang kedele adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus
Dalam pengobatan China, berbagai jenis kacang-kacangan telah lama digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol, keracunan makanan, edema (khususnya yang di kaki), tekanan darah tinggi, diare, laryngitis, batu ginjal, rematik, dan puluhan penyakit lainnya.
Bearapa banyak: Usahakan makan paling tidak dua porsi kacang-kacangan seminggu.
Tip:
·        Kacang adzuki dan kacang hijau (mung) adalah termasuk jenis kacang yang paling mudah dicerna; kacang pinto, kacang kidney, garbanzo, lima dan kacang hitam lebih sulit dicerna.
Seladri Air
Seladri air bukan saja bergizi, tetapi juga merupakan makanan hampir yang bebas kalori. Kalori demi kalori, seladri air mengandung kalsium sebanyak empat kali kalsium yang terkandung dalam 2 persen susu. Per ons-nya, seladri air menawarkan vitamin C sebanyak yang terdapat dalam jeruk dan mempunyai kandungan zat besi yang lebih banyak daripada yang terdapat pada bayam. Seleadri air kaya akan vitamin A dan mengandung banyak vitamin K, serta antioksidan carotenoids ganda dan fitokimia protektif.
Kandungan gizi yang terdapat pada seladri air melindungi tubuh dari kanker dan degenerasi macular, membantu membangun sistem kekebalan tubuh, dan menyehatkan tulang. Zat besi yang dikandungnya membantu sel-sel darah membawa oksigen ke tisu tubuh Anda untuk mendapatkan energi. Fitokimia yang terdapat dalam seladri air melawan kanker dengan tiga cara: membunuh sel-sel kanker, memblokir karsinogen, dan melindungi sel-sel yang sehat dari karsinogen. Fitokimia juga telah terbukti membantu dalam melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker esophageal dan bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker lainnya.
Dalam pengobatan China, seladri air dipandang bisa membantu mengurangi tumor, memperbaiki penglihatan malam, dan menstimulasi produksi empedu (memperbaiki pencernaan dan mengatur gas intestinal). Seladri air digunakan sebagai obat penyakit kuning, kesulitan buang air kecil, radang tenggrorokan, gondok, dan gangguan pernapasan .
Berapa banyak: Makanlah seladri air setiap hari jika bisa. Di beberapa daerah, seladri air lebih banyak terdapat selama musim panas dan musim semi, saat ketika sayuran ini ditanam di luar ruangan. Tapi sejak sayuran ini bisa ditanam secara hidroponik di dalam rumah kaca, Anda bisa menemukannya kapan saja di pasar.  
Tip:
·        Anda bisa memasak sayuran ini, tetapi seladri air lebih baik dimakan mentah. Sisipkan di dalam sandwich sebagai pengganti selada.
·        Campurkan dengan sayuran kesukaan Anda dan gunakan sebagai campuran salad.
·        Seladri air bagus sebagai campuran pesto—ganti saja basil dengan seladri air—dan sup.
·        Gunakan seladri air sebagai makanan penawar racun (detoxifying) yang hebat di dalam jus atau smoothie.
Bayam
Anda telah tahu bayam adalah makanan yang bagus untuk kesehatan, tapi tahukah Anda sebagus apa? Bayam melindungi tubuh dari penyakit mata dan kelihatan penglihatan; bayam juga bagus untuk fungsi otak; bayam melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker prostate, dan kanker payudara; bayam melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke, dan dementia; bayam menurunkan tekanan darah; bayam adalah anti-inflamasi; dan bayam bagus untuk kesehatan tulang. Bayam mempunyai kandungan nutrient yang mengagumkan, termasuk vitamin K, kalsium, vitamin A, vitamin C, folate, magnesium, dan zat besi dalam jumlah yang besar
Carotenoid yang ditemukan dalam bayam tidak saja bisa membunuh sel-sel kanker prostate, tetapi juga mencegah sel-sel tersebut berkembang. Folate meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan homocysteine, sebuah asam amino yang, pada level yang tinggi, bisa meningkatkan resiko terkena dementia dan penyakit kardiovaskuler, termasuk penyakit jantung dan stroke. Folate juga terbukti mampu mengurangi resiko terkena kanker colorectal, kanker ovarian, dan kanker payudara dan membantu mengontrol pertumbuhan sel, salah satu ciri utama penyakit kanker. Vitamin C dan beta-karotin yang terkandung dalam bayam melindungi tubuh dari kanker usus besar di samping melawan inflamasi, membuat keduanya merupakan komponen kunci bagi  kesehatan otak, khususnya bagi orang yang tua.
Bayam kaya akan vitamin K (satu cangkir bayam yang dimasak mengandung 1.111 persen dari yang jumlah yang direkomendasikan diminum setiap hari!), yang berguna untuk kekuatan tulang dengan cara membantu kalsium melekat ke tulang. Bayam juga kaya akan lutein, yang melindungi tubuh dari degenerasi macular yang berhubungan dengan usia, dan bisa juga membantu mencegah serangan jantung dengan cara menjaga kebersihan dinding arteri dari kolesterol.
Berapa banyak: Bayam segar harusnya menjadi makanan Anda setiap hari. Bayam praktis tersedia di pasar di mana saja, di mana pun Anda tinggal, bayam mudah dicari kapan saja sepanjang tahun, dan tidak mudah mencari sayuran yang serba guna dan kaya gizi lebih dari bayam. Masaklah bayam Anda sendiri sesuai selera dan usahakan makan beberapa ons bayam—mentah, tumis, atau dikukuss setengah matang, setiap hari.
Tips:
·        Tambahkan segenggam bayam segar ke dalam smoothie buah Anda. Ini akan mengubah warna, tapi tidak rasanya.
·        Bayam yang ditanam secara konvensional banyak mengandung pestisida; carilah bayam organik.
Bawang
Bawang mendapat reputasi buruk karena bisa menimbulkan bau mulut, tetapi mulut bukanlah satu-satunya bagian tubuh di mana bawang meninggalkan bertahta. Bawang mengandung enzim yang kuat untuk melawan kanker. Mengkonsumsi bawang terbukti mampu menurunkan resiko terkena kanker prostate dan kanker esophageal dan juga dianggap turut menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa bawang bisa membantu melindungi tubuh dari kanker perut. Bawang mengandung sulfides yang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan juga mengandung peptida yang bisa membantu mencegah kerapuhan tulang dengan cara mencegah hilangnya kalsium dan mineral-mineral tulang lainnya.
Bawang mempunyai kekuatan sebagai antioksidan. Bawang mengandung quercetin, sebuah antihistamin alami yang bisa mengurangi inflamasi saluran udara dan membantu melegakan alergi dan alergi serbuk bunga (hay fever). Bawang uga mengandung vitamin C level tinggi, yang, bersama-sama dengan quercetin, melawan masuk angin dan flu. Properti anti-inflamasi yang terkandung dalam bawang membantu melawan rasa nyeri dan bengkak akibat osteo arthritis dan rheumatoid arthritis. Bawang juga sangat kaya akan sulfur dan mengandung properti antibiotik dan antiviral, sehingga sangat cocok bagi mereka yang mengkonsumsi diet yang kaya akan protein, lemak, atau gula, karena bawang membantu membersihkan arteri dan mencegah pertumbuhan virus, yeast, dan agen-agen penyebab penyakit lainnya, yang bisa timbul akibat diet yang tidak seimbang.
Berapa banyak: Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan yang terkandung dalam bawang, kiranya cocok makan bawang sebuah sehari. Akan tetapi, jika hal ini tidak cocok bagi Anda, tambahkan sedikit bawang dalam daftar belanjaan Anda setiap minggunya dan cobalah makan sedkit setiap hari. Semua varietas bawang baik untuk Anda, tetapi shallots (bawang merah) dan bawang kuning paling banyak mengandung antioksidan. Bawang mentah adalah yang paling bergizi, akan tetapi bawang masih tetap baik dalam keadaan dimasak setengah matang. Dan masak daging dalam temperatur yang tinggi (seperti dengan pemanggang) dengan bawang bisa membantu mengurangi atau mencegah karsinogen yang timbul dari daging.
Tip:
·        Bawang harus disimpan di dalam temperatur ruangan, tetapi akan terasa perih di mata ketika Anda mengirisnya, cobalah masukkan ke dalam kulkas satu jam sebelum diiris.
Wortel
Wortel adalah sumber antioksidan yang kuat yang besar yang dikenal sebagai karotenoid. Diet yang kaya akan karotenoid dianggap bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara pasca menopause dan juga kanker kandung kemih, kanker cerviks, kanker prostate, kanker usus besar, kanker larynx, dan kanker esophagus. Sebaliknya, diet yang rendah karotenoid dianggap bisa menimbulkan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan berbagai macam penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan satu batang wortel sehari bisa mengurangi resiko terkena kanker paru-paru hingga separuhnya. Wortel juga bisa mengurangi resiko terkena kanker ginjal dan kanker ovarium. Sebagai tambahan dalam memerangi kanker. Nutrient yang terkandung dalam wortel bisa mencegah penyakit kardiovaskuler, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan usus besar, dan meningkatkan kesehatan mata dan telinga.
Wortel mengandung kalsium, potassium, magnesium, fosfor, serat, vitamin C, dan vitamin A dalam jumlah yang sangat besar. Alfa-karotin yang terkandung dalam wortel telah terbukti menjanjikan dalam mencegah pertumbuhan tumor. Wortel juga mengandung carotenoids lutein dan zeaxanthin, yang bekerja sama dalam meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi macular dan katarak. Dalam pengobatan China, wortel digunakan untuk mengobati rematik, batu ginjal, tumor, gangguan pencernaan, diare, rabun senja, infeksi telinga, sakit telinga, hilang pendengaran, lesi kulit (skin lesions), infeksi saluran urin, batuk, dan sembelit.
Berapa banyak: Makan;ah satu porsi wortel sehari jika bisa, dan nikmati khasiatnya sepanjang tahun. Wortel bermanfaat baik dalam keadaan mentah maupun setengah matang; memasak wortel mengakibatkan serat yang keras menjadi pecah, sehingga membuat sebagian nutrient-nya lebih mudah terserap. Untuk mendapatkan gizi terbaiknya, pilihlah wortel utuh yang masih terlihat segar dan kokoh. Wortel potong muda (Precut baby carrots) terbuat dari wortel utuh dan, meski terasa enak, namun cenderung kehilangan nutrient pentingnya dalam proses pembuatannya.
Tips:
·        Buang bagian ekor wortel sebelum dmasukkan ke dalam kulkas, karena bagian ekornya bisa menyerap kelembaban dari akar dan bisa menyebabkan wortel layu.
·        .Belilah yang organik; wortel yang ditanam secara konvensional sering banyak mengandung residu pestisida.
Kol
Kol adalah lumbung vitamin K dan C. Satu cangkir kol bisa mensuplai 91 persen kebutuhan vitamin K harian kita, 50 persen vitamin C, serat yang cukup, dan mangan yang cukup, vitamin B6, folate, dan banyak lagi—dan memberi Anda kalori sekitar 33. Per kalorinya, kol menawarkan 11 persen vitamin C lebih banyak daripada yang terdapat pada jeruk.
Kol mengandung antioksidan yang tinggi dan sulforaphanes yang tidak hanya memerangi radikal bebas sebelum mereka mampu merusak DNA tetapi juga menstimulasi enzim yang mendetoksifikasi karsinogen di dalam tubuh. Para peneliti percaya pendekatan satu-dua ini boleh jadi berkontribusi terhadap kemampuan sayur-sayuran cruciferous menurunkan resiko terkena kanker dengan cara yang lebih efektif daripada jenis sayuran lainnya. Banyak penelitian yang menekankan adanya hubungan yang kuat antara diet yang kaya akan sayuran cruciferous dan rendahnya insiden kanker paru-aparu, kanker payudara, kanker ovarian, dan kanker kandung kemih.
Kol membangun tulang yang kuat, mengurangi reaksi alergi, mengurangi inflamasi, dan meningkatkan kesehatan gastrointestinal. Kol sering dibuat jus sebagai obat tradisional untuk mengobati peptic ulcer (radang dinding lambung)  karena kandungan glutamine-nya yang tinggi. Kol juga mengandung manfaat kardiovaskuler yang besar dengan kemampuannya mencegah terbentuknya plak di dalam pembuluh darah. Dalam pengobatan China, kol digunakan untuk mengobati konstipasi, masuk angin, batuk, depresi dan iritabilitas, dan mag. Jika dimakan dan digunakan sebagai poultice (tuam), sebagai treatment ganda, kol berguna untuk menyembuhkan bedsores (nyeri tidur), varicose veins, dan arthritis.
Berapa banyak: Semakin banyak kol yang Anda makan, semakin baik. Sebuah peneltian terhadap wanita Polandia menemukan bahwa mereka yang makan sekurangnya empat porsi kol per minggu ketika masa adolescent  kemungkinan terkena kanker payudara 72 persen lebih rendah di masa tuanya daripada mereka-mereka yang hanya makan satu persi seminggu atau kurang.
Tips:
·        Cobalah makan sauerkraut (acar kol) mentah. Sauerkraut  mempunyai terdiri dari kol, plus sedikit probiotik yang kuat, yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan.
·        Gunakan kol utuh; daun bagian luarnya mengandung kalsium sepertiga lebih banyak daripada daun bagian dalamnya.
·        Keduanya adalah  bintang gizi, tapi kubis merah jauh lebih unggul daripada kubis putih, dengan kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak dan polyphenols, yang melindungi sel-sel dari stress oksidatif dan kanker, empat kali lebih banyak..
Brokoli
Anda akan kesulitan mencari makanan lain yang manfaat kandungan alaminya bagi kesehatan sama banyak dengan yang dikandung brokoli. Secangkir brokoli kukus mengandung lebih dari 200 persen RDA untuk vitamin C (lebih banyak dari jeruk), vitamin K yang hampir sama banyaknya, dan sekitar separuh dari kebutuhan harian kita akan vitamin A, disertai folate, serat, sulfur, zat besi, dan vitamin B yang melimpah, dan secara keseluruhan merupakan sumber gizi yang besar.
Fitokimia yang terdapat dalam brokoli melawan kanker dengan cara menetralkan karsinogen dan mempercepat hilangnya karsinogen dari dalam tubuh, di samping mencegah timbulnya tumor akibat dari karsinogen kimia. Peneltian menunjukkan adanya bukti-bukti bahwa zat ini membantu mencegah kanker paru-paru dan kanker esophageal dan boleh jadi memainkan peranan penting dalam menurunkan resiko terkena kanker, termasuk kanker gastrointestinal.
Phytomutrients yang disebut indoles yang ditemukan pada brokoli membantu melindungi tubuh dari kanker prostate, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker serviks. Beberapa penelitian mengisyaratkan bahwa indoles juga melindungi struktur DNA dan bisa mengurangi resiko terkena kanker prostate. Penelitian yang ekstensif menghubungkan brokoli dengan penurunan resiko terkena penyakit jantung sebesar 20 persen. Dalam pengobatan China, brokoli digunakan untuk mengobati inflamasi mata.
Berapa banyak: Jika Anda bisa makan sedikit brokoli setiap hari, maka tubuh Anda akan banyak berterima kasih pada Anda. Jika Anda tidak bisa langsung makan sebanyak itu, usahakan memakannya sesering mungkin. Seperti banyak sayuran lainnya, brokoli mengandung nutrisi yang fantastis baik dalam keadaan mentah maupun jika dimasak dengan benar. Memasak mengurangi sebagian komponen antikanker yang terdapat dalam brokoli, akan tetapi mengukusnya sedikit tidak menyebabkan kandungan nutrient-nya hilang. Brokoli tersedia dalam keadaan segar kapan saja di banyak tempat, tetapi jika Anda sulit mencarinya di tempat tinggal Anda, maka brokoli beku juga merupakan pilihan yang baik.
Tip:
·        Mengukus atau memasak brokoli sebentar, tidak sampai matang, melepas banyak kandungan antioksidan sulforaphane-nya.

Kale (Kubis)
Kale sangatlah bergizi, mempunyai properti antioksidan yang kuat, dan bersifat anti-inflamasi. Satu cangkir kale yang dimasak mengandung 1.328 persen RDA untuk vitamin K, 192 persen RDA untuk vitamin A, dan 89 persen RDA untuk vitamin C. Kale juga merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik.
Kale adalah tumbuhan yang satu famili dengan brokoli dan kol, dan seperti saudara sepupunya yang cruciferous, kale juga mengandung senyawa sulforaphane yang berguna untuk memerangi kanker dalam jumlah yang tinggi. Sulforaphane melindungi tubuh dari serangan kanker prostate, kanker lambung, kanker kulit, dan kanker payudara dengan cara meningkatkan enzim detoksifikasi yang ada dalam tubuh dan dengan cara memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Indoles yang terkandung di dalam kale telah terbukti mampu melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker serviks, dan kanker usus besar. Vitamin K yang terkandung dalam kale meningkatkan penggumpalan darah (blood clotting), melindungi jantung, dan membantu membangun tulang yang kuat dengan cara mensuplai kalsium ke tulang. Kale mempunyai power antioksidan lebih kuat daripada bayam, yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kale sangat kaya akan beta-karotin (tujuh kali lebih banyak daripada yang dikandung brokoli), lutein, dan zeaxanthin (sepuluh kali jumlah yang terdapat dalam brokoli). Dalam pengobatan China, kale digunakan untuk membantu melegakan kongesti paru-paru.  
Berapa banyak: Seperti halnya kol, semakin banyak kale yang Anda makan, semakin baik. Satu porsi sehari adalah ideal. Makanlah kale sebanyak yang Anda bisa, sejauh Anda bisa menemukannya dalam keadaan segar. Di beberapa tempat, kale tersedia sepanjang tahun; di beberapa tempat lain, kale hanya muncul selama musim panas dan musim gugur.
Tips:
·        Musim tanam kale bertambah hampir sepanjang tahun; satu-satunya musim kale tidak ada adalah musim panas, ketika sayuran berdaun jenis lainnya melimpah.
·        Kukus atau tumis kale tanpa dicampur apa-apa, atau tambahkan ke dalam sup dan rebusan. Memasak membantu melunakkan daun kale.
·        Kale juga merupakan campuran yang baik untuk smoothies buah atau jus dengan sayuran lainnnya.
Dandelion
Rumput liar yang dikenal sebagai perusak taman ini telah lama digunakan sebagai sebagai ramuan obat di pelbagai belahan dunia. Satu cangkir sayuran dandelion hijau mengandung 535 persen RDA vitamin K dan 112 persen RDA untuk vitamin A. dandelion hijau juga merupakan sumber vitamin C, kalsium, zat besi, serat, dan potassium yang baik. Di antara semua makanan, dandelion merupakan salah satu makanan sumber vitamin A yang paling kaya; di antara semua sayuran hijau, dandelion merupakan salah satu sumber beta-karotin yang terbaik.
Dandelion telah berabad-abad digunakan sebagai obat hepatitis, ginjal, dan gangguan liver seperti batu ginjal, jaundice (penyakit kuning), dan cirrhosis (sirosis). Dandelion sering diresepkan sebagai obat alami untuk mengobati hepatitis C, anemia, dan detoksifikasi liver (fungsi liver yang buruk sering dihubung-hubungkan dengan berbagai penyakit, mulai dari gangguan pencernaan dan hepatitis hingga iritabilitas dan depresi). Sebagai diuretik alami, dandelion mendukung sistem digestif secara keseluruhan dan meningkatkan output urin, membantu menghilangkan racun dan garam berlebihan dari ginjal. Potassium yang terdapat secara alami di dalam dandelion membantu mencegah hilangnya potassium yang bisa terjadi akibat diuretik farmasi (pharmaceutical diuretics).  
Dandelion meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara menstimulasi produksi empedu, akibat dari efek laksatifnya yang lunak. Inulin, sebuah serat yang bisa larut yang terdapat secara alami pada dandelion membantu pencernaan lebih lanjut dengan cara memberi makan bakteria probiotik yang sehat di dalam usus; inulin juga meningkatkan serapan kalsium dan mempunyai manfaat yang menguntungkan bagi level gula darah, dengan demikian berguna untuk mengatasi diabetes. Baik daun maupun akar dandelion keduanya digunakan sebagai obat panas dalam dan gangguan pencernaan. Pectin yang terkandung di dalam dandelion bisa melegakan konstipasi dan, jika dikombinasikan dengan vitamin C, bisa mengurangi kolesterol. Dandelion sangat berkhasiat untuk mengurangi edema, perut kembung (bloating), dan water retention (simpanan air); dandelion juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun, yang terpenting dari semua itu, dandelion mengandung properti antidiarrheal dan antibacterial berganda.
Dalam pengobatan China, dandelion digunakan sebagai campuran tumbuhan lainnya untuk mengobati hepatitis dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti bronchitis dan pneumonia. Getah dari batang dan akarnya adalah obat khusus untuk kutil (warts). Bayangkan—semua khasiat ini terdapat dalam rumput yang liar!
Berapa banyak: Berapa banyak dandelion yang perlu Anda masukkan dalam diet Anda tergantung dua faktor: ketersediaan dan kesukaan pribadi. Dandelion hijau dianggap istimewa di beberapa tempat dan oleh sebab itu sulit dicari. Dandelion hijau juga mempunyai rasa yang menyengat (pungent), dan orang sering menyukai atau membenci aromanya. Jika anda bisa menemukan dandelion segar dan Anda menyukai rasanya, jadikanlah bagian dari diet reguler Anda. 
Tip:
·        Gunakan akarnya untuk sup atau tumis dandelion tanpa dicampur apa-apa.
·        Jika daunnya yang mentah terlalu pahit, cobalah dikukus sebentar atau ditumis. (Nikki Jong, Caring.com contributing editor. Sen, Apr 11, 2011)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger