Lemak Vs Gula, Mana yang Lebih Buruk?

The twins are 35 and 'both gluttons' so they 'have to pay some serious attention' to expanding waistlines
Dengan cara menghindari cermin dan timbangan Anda bisa menipu diri sendiri tentang kenyataan bahwa pinggang Anda telah melebar, tapi masalahnya jadi lebih sulit jika Anda mempunyai saudara kembar identik yang bisa Anda jadikan sebagai perbandingan.

Kembaran saya Chris dan saya telah mendapat kelebihan dan penurunan berat badan semenjak kami lulus jadi dokter 11 tahun yang lalu.
 
Berat tubuh paling ringan yang pernah saya capai adalah 9½st (60,3 kg)—cukup kurus bagi seseorang yang mempunyai tinggi 6 kaki. Tapi ketika saya pindah ke A.S., hidup saya jadi tak banyak bergerak dan hanya dalam tempo setahun berat badan saya bertambah jadi 17½st (111,1 kg).

Chris yang waktu itu tetap tinggal di Inggris berat tubuhnya pada waktu itu 12½st (79,3 kg) dan dia terkejut melihat transformasi yang saya alami. Saya ketika itu merupakan versi yang gemuk dari dirinya—sebuah pengingat baginya tentang apa yang bisa terjadi pada pula padanya. 


Penambahan berat badan dan obesitas bisa dijelaskan dengan kurangnya keinginan kuat dan kontrol diri atau dengan faktor-faktor hormonal dan genetik. Tapi ketika Anda mempunyai kembaran yang lebih kurus dan satu kembaran lebih gemuk, sulit menyalahkan semua itu.

Saya menganggap hal itu terjadi karena stress dan kelahiran anak laki-laki saya, tapi semua itu tidak bisa menjelaskan apa yang telah berubah.

Saya berusaha menghilangkan cukup banyak kelebihan berat badan saya itu ketika saya bekerja di negara yang terus berkembang itu, tapi sekarang kami berdua berusia 35 tahun dan kami berdua sama-sama suka makan. Kami harus memberi perhatian khusus pada garis pinggang kami yang kian melebar.


Tapi di sinilah masalahnya: meskipun kami berdua dokter—saya juga mempunyai ijazah dalam bidang kesehatan masyarakat—namun kami berdua tidak tahu banyak tentang cara menghilangkan berat badan dan makan sehat.

Topik-topik di atas tercecer di sekolah kedokteran. Ya, kami mengerti biokimia dan metabolisme makanan, dan mengetahui banyak tentang konsekuensi kelebihan berat badan. Tapi diet yang mana yang berhasil, mengapa kami makan terlalu banyak dan mengapa mengurangi berat badan sangat sulit dilakukan tidak dibahas dalam spesialisasi kedokteran. 

Sepintas lalu, tampaknya mudah saja: kami berdua menjadi gemuk karena kami makan terlalu banyak dan tidak cukup berolahraga. Benar? Well, tidak jika Anda sering memperhatikan debat tentang lemak versus gula yang kini banyak disiarkan.


Selama bertahun-tahun lemak dianggap buruk bagi kesehatan Anda: lemak membuat Anda gemuk, jadi makanan yang rendah lemak adalah baik. Tapi dogma ‘lemak itu buruk’ kini mendapat tantangan secara luas. Karbohidrat, termasuk gula, kini semakin dianggap sebagai jahat, membuat gemuk, dan mengandung racun.

Tapi yang mana yang sebenarnya buruk bagi Anda? Dalam sebuah eksperimen yang unik untuk BBC's Horizon, Chris dan saya berusaha mencari tahu jawabannya dengan cara masing-masing menjalankan diet yang berbeda selama beberapa bulan.

Kembar identik seperti kami sangat-sangat berguna bagi berbagai percobaan karena kami mempunyai gen yang persis sama. Ini berarti perubahan-perubahan apapun yang kami perhatikan akan ada hubungannya dengan diet dan tidak ada hubungannya dengan genetika.

Saya menjalankan diet tanpa karbohidrat—yang secara esensial tidak mengandung gula—dan Chris menjalankan diet yang sangat-sangat rendah lemak.

Kami dijinkan makan sebanyak yang kami inginkan, kecuali saya tidak boleh makan karbohidrat dan Chris hanya boleh makan lemak yang sangat sedikit—karena Anda membutuhkan lemak untuk survive, jadi dia membatasi hanya makan makanan yang mengandung lemak kurang dari 2 persen.

Akan tetapi, dalam bidang-bidang yang lain, termasuk level olahraga yang kami lakukan, hidup kami sangatlah sama, sehingga setiap perubahan yang terjadi di dalam tubuh kami pada akhir masa percobaan akan hanya berhubungan dengan diet tersebut. 

Jadi, bukan hanya program tersebut akan memecahkan masalah berat badan pada diri kami berdua, tetapi juga hasil-hasilnya nanti—yang akan menunjukkan apakah gula atau lemak yang lebih buruk—juga akan menjawab persoalan yang sama pada diri orang lain!


Baik saya katakan terus terang bahwa kedua diet ini berat untuk dijalankan. Saya kira saya mendapat bagian yang lebih baik: saya tetap bisa makan daging, ikan dan keju.

Tapi menghindari karbohidrat dan kenikmatan makan. Dan jika Anda menghindari segala jenis buah-buahan dan sayur-sayuran—yang semuanya mengandung karbohidrat—tentu Anda mengalami konstipasi. Meski saya tidak pernah merasa lapar, tapi saya merasa lamban dan lelah, dan napas saya jadi tidak nyaman.
Chris dengan diet rendah lemaknya juga tidak lebih baik. Dia tidak pernah merasa kenyang, sehingga dia selalu makan makanan ringan, dan seperti saya dia merasakan semua kenikmatan akan makanan telah hilang: makan pasta tanpa minyak zaitun adalah membosankan.

Tapi ada satu anugerah di balik semua ini: masing-masing diet tersebut mudah dijalankan karena hanya ada satu aturan yang harus dipatuhi. Dan saya juga mempunyai alasan yang cukup bagus untuk bertahan: saya benar-benar mengira diet rendah karbohidrat yang saya jalankan akan berhasil dan saya akan menjadi ramping dan sehat sebulan kemudian.

Itu karena logika yang mendasari diet rendah karbon ini tampaknya cukup meyakinkan. Dasar pikirannya adalah karbohidrat meningkatkan gula darah dan menstimulasi tubuh untuk memproduksi insulin.

Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk menurunkan gula darah, tapi insulin mempunyai efek lain: insulin merupakan hormon pertumbuhan.

Insulin membuat tubuh Anda mengubah gula menjadi lemak dan membuat lemak menjadi keras untuk digunakan sebagai sebuah sumber energi.

Hal ini bisa mengarah pada apa yang disebut sindrom metabolisme, sebuah kombinasi dari obesitas perut, tekanan darah tinggi dan meningkatnya kolesterol dan lemak-lemak lainnya di dalam darah Anda. Hal ini, pada gilirannya, bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke, kanker dan penyakit-penyakit serius lainnya.

Hipotesis insulin ini—bahwa penyebab utama orang menjadi gemuk adalah meningkatnya insulin, disebabkan oleh memakan makanan berkarbohidrat—dianggap sebagai ide paling dasar tentang penambahan berat badan: bahwa jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, maka berat badan Anda akan bertambah.

Hal ini karena, menurut teori ini, kalori yang berasal dari karbohidrat adalah lebih buruk daripada kalori yang berasal dari lemak. Kalori-kalori dari karbohodrat tersebut membuat tubuh Anda lebih  gemuk dan lebih besar kemungkinannya akan terkena serangan jantung. Sebaliknya lemak—bahkan lemak-lemak jenuh sekalipun—kini mendapat predikat baru sebagi sebuah makanan super (superfood).

Para ilmuwan yang terpandang akan memberi tahu Anda bahwa jika Anda menghindari karbohidrat (dengan demikian menurunkan level insulin Anda), maka hampir tidak mungkin berat badan Anda akan bertambah.

Para ilmuwan ini percaya bahwa mengurangi asupan gula adalah satu-satunya cara untuk memecahkan masalah epidemi obesitas. Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh hasil kami, masalahnya sedikit lebih kompleks dari ini. Chris dan saya masing-masing mengalami penurunan berat badan dari diet yang kami jalani masing-masing—saya yang paling banyak mengalami penurunan, 9lb (9 pond), dalam sebulan—tapi hasil lainnya bukanlah hasil yang kami perkirakan sama sekali.

Salah satu kata yang sering Anda dengar ketika orang berbicara tentang diet yang sangat rendah karbohidrat adalah ketosis. Ketosis adalah istilah yang digunakan ketika tubuh Anda memproduksi zat kimia yang disebut ketones, yang bisa berfungsi sebagai bahan bakar bagi otak, yang tidak bisa menggunakan lemak.

Tapi ketones bukanlah makanan otak yang baik. Meski saya tidak terganggu oleh rasa lapar selama sebulan itu, tapi saya merasa bego dan dungu dan bukti kedunguan saya yang paling besar ada dalam kompetisi perdagangan saham dengan Chris.

Kami memulai dengan £100,000 uang palsu dan dia hampir mendapatkan tiga kali lebih banyak dari apa yang saya dapat selama satu jam.

Hal yang sama berlaku pada penampilan fisik saya. Kami menghabiskan waktu seharian dengan Nigel Mitchell, kepala bagian nutrisi pada Team Sky Cycling.

Setelah melalui serangkaian test—yang semuanya melibatkan jarum suntik (needles) dan bersepeda mendaki bukit dalam sesi yang lama—dia menguji kemampuan kami. Lagi-lagi Chris mempecundangi saya dalam setiap test.

Jadi, meski saya tampak lebih berhasil menurunkan berat badan, namun saya lebih mengalami kesulitan dalam melakukan segala sesuatu pekerjaan.

Dan test yang kami lakukan untuk menilai level lemak darah kami dan resiko terkena diabetes pada akhir masa diet menunjukkan sesuatu yang mengejutkan dan sekaligus mengkhawatirkan tentang kenyataan betapa tubuh saya selama ini telah memproduksi bahan bakarnya sendiri selama masa ketiadaan karbohidrat.

Meski mendapat sedikit energi dari protein yang saya makan, namun sebagian energi lainnya mungkin didapat dengan memecah otot saya sendiri.

Eksperimen kami ini menunjukkan bahwa Anda bisa saja berhasil menurunkan banyak berat badan Anda, seperti yang berhasil saya lakukan, dengan diet rendah karbohidrat, tapi cara itu belum tentu baik untuk Anda.

Anda bisa menurunkan berat badan Anda dengan menjalani diet rendah lemak, seperti yang dilakukan Chris—tapi dalam jangka panjang konsumsi gula yang tak teratur bisa jadi mempunyai efek negatif bagi kesehatan. 

Yang paling menarik yang kami temukan adalah bahwa kami telah menanyakan pertanyaan yang salah. Pertanyaannya bukanlah yang mana yang lebih buruk bagi Anda, lemak atau gula, tapi makanan yang mana yang telah membuat kebanyakan kita bertambah berat badan dan mengapa?

Hipotesis insulin tersebut kedengarannya ilmiah, tetapi tidak menjelaskan apa yang telah ditunjukkan oleh penelitian-penelitian independen yang besar yang ada selama ini: diet-diet berkarbohidrat rendah tidak bisa disebut berhasil bagi semua orang atau bahkan tidak bagi sebagian besar orang.


Agar bagi diet apa saja yang Anda jalani berhasil Anda harus mampu menjalaninya sepanjang hidup Anda. Ketika itu saya pikir saya akan meneruskan makan makanan-makanan berkarbohidrat rendah setelah kami selesai, tapi waktu pertama kali makan makanan berkarbohidrat—dan menyadari kenyataan meningkatnya energi dan kesigapan pada diri saya—cukup mengingatkan saya bahwa selama satu bulan itu saya telah mengalami ketertinggalan dalam segala bidang kehiduan saya, dan saya merasa sedih.

Industri makanan terpolarisasi di sekitar perdebatan sederhana seperti antara lemak vs gula karena ada sejumlah besar uang yang menjadi pertaruhan di sana.

Para petani, perodusen makanan, lobbyists, ilmuwan dan penulis buku-buku diet mempunyai kepentingan masing-masing untuk mempertahankan salah satu pihak atau yang lainnya. Untunglah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun tentang itu.

Apa yang kami temukan adalah bahwa alasan yang sebenarnya mengapa kita menjadi lebih gemuk bukanlah lemak atau gula.

Lagi pula, gula saja tidaklah sangat adiktif—hanya kuda yang makan gula batu dan sangat sedikit orang kecanduan melahap permen (boiled sweets) atau roti kering (dry toast).

Dan lemak juga tidak sangat adiktif: kapan terakhir Anda makan sesendok mentega dari lemari es di tengah malam? 

Industri makanan yang diproses secara modern mengetehui hal ini dan itulah sebabnya Anda jarang mendapatkan lemak dan gula dijual secara terpisah—yang adiktif adalah kombinasi dari keduanya.

Kami telah mewawancarai beberapa ilmuwan yang hebat yang telah menunjukkan kepada kami bahwa kombinasi dari lemak dan gula (seperti yang terdapat dalam coklat susu dan es krim) mempunyai efek yang serupa dengan kokain bagi otak Anda.

Jika salah satunya dihilangkan maka es krim Anda akan menjadi kurang menggiurkan dan kurang adiktif. Dan juga akan mengandung lebih sedikit kalori.

Jadi, apa kesimpulan kami? Jika Anda ingin menurunkan berat badan akan jauh lebih mudah jika Anda menghindari makanan olahan yang dibuat dari gula dan lemak. Makanan-makanan seperti ini bisa mempengaruhi otak Anda dengan cara yang sama sekali berbeda dengan makanan-makanan alami dan adalah sulit bagi siapa saja untuk menahan diri agar tidak makan terlalu banyak.

Dan setiap makanan yang tidak mengandung lemak atau gula rasanya tidak akan enak, bisa melemahkan fisik maupun mental dan mungkin buruk bagi kesehatan Anda pula. (By Alexander Van Tulleken)

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2546975/One-twin-gave-sugar-gave-fat-Their-experiment-change-YOUR-life.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger