Lima Cara Makan Sehat tanpa Salad


Yang mengecewakan dari salad: Makan salad jarang sama menyenangkannya atau sama konyolnya atau sama menyebabkan tertawa sehat seperti yang ditunjukkan dalam iklan-iklan makanan sehat yang sering kita percayai. Dan banyak orang setuju bahwa satu-satunya shake (minuman berbusa terbuat dari susu dan penyedap, kadang-kadang disertai buah) yang bisa dikonsumsi dan enak adalah milkshakeprotein shakes dan campuran peningkat nutrisi dalamnya sering kali mengandung zat kimia yang mengerikan, berasa seperti kapur di mulut dan mengandung peyedap rasa kimia.

Tapi bagaimana caranya makan sehat—mendapatkan semua vitamin, mineral, dsb.—tanpa harus mengudap serangkaian sayuran hijau atau menenggak minuman bernutrisi yang kadang  mengandung kapur? 

 
Harus pakai strategi yang bisa digunakan, tapi satu yang kami rekomendasikan ini adalah variasi dan berpikiran ke depan: tambahkan jenis-jenis makanan di bawah ini ke dalam makanan Anda sehari-hari dan memakan snack sehat akan membantu kebiasaan makan makanan sehat, tanpa harus makan salad yang monoton dan minum shakes yang kandungan nutirisnya tidak memuaskan (sebuah oksimoron, yang real aja).

1. Sorry, tapi Anda tetap harus makan sayur-sayuran

 
Tapi bagaimana cara Anda memakan makanan-makanan tersebut itu sepenuhnya terserah Anda. Presiden dari Council Fitness, Sport and Nutrition AS merekomendasikan setengah bagian dari piring makan Anda diisi dengan sayuran berwarna oranye, merah dan hijau tua di setiap kali Anda makan.

Ini mungkin sulit bagi para pembaca yang hidupnya tergantung pada salad karena volume sayuran yang menakutkan yang disarankan oleh para ahli gizi untuk kita makan adalah tidak realistis bagi kebiasaan makan sehari-hari mereka; bagi para pembaca seperti itu, kami mendengarkan Anda dan kami menyarankan Anda memasukkan sayur-sayuran yang setengah piring tersebut ke dalam blender atau juicer, sehingga mudah dibawa-bawa.

Sekarang sayur-sayuran tersebut bisa Anda bawa ke mana-mana, atau ke tempat kerja Anda. Tapi pastikan Anda memperlakukan jus campur tersebut sebagai sebuah suplemen dan bukannya makanan pengganti—juice diets sebenarnya tidak baik bagi Anda. Dan apapun bentuk sayuran tersebut, kreatifitas dalam menyiapkan makanan sangat dianjurkan untuk menghindari jebakan salad seperti di atas.

2. Biasakan makan protein rendah lemak (lean proteins).
 
 
Presiden dari Council Fitness, Sport and Nutrition AS juga menasihati bahwa lean protein merupakan sebuah komponen kunci dari makanan sehat. Ayam, kalkun (turkey) dan ikan merupakan pilihan yang nyata, tapi bukan merupakan satu-satunya; kacang polong kering (dry peas) dan kacang-kacangan (beans), kacang (nuts), buji-bijian dan telur juga merupakan sumber protein yang baik.

Daging sapi rendah lemak—seperti sirloin (daging pinggang), tenderloin (has) dan top round (daging bagian dalam)—juga dianjurkan karena makanan-makanan tersebut mengenyangkan, menurut majalah Health. Tapi awas: Daging merah, khususnya daging merah yang olahan, telah dihubung-hubungkan dengan meningkatnya resiko penyakit kanker dan penyakit kardiovaskuler. Semua steak dalam jumlah yang moderat.

3. Kurangi konsumsi gula.

 
Seperti yang seluruh dunia ketahui sekarang, gula tidaklah baik bagi Anda. Namun demikian, gula juga baik—yang itulah sebabnya, menurut Harvard Health Blog, gula tambahan terdiri dari 10% dari rata-rata asupan kalori harian seseorang. Sayangnya, gula tambahan itu bisa membunuh kita. Tapi bagaimana caranya menghindari gula yang terdapat dalam sekian banyak produk makanan?

Menghindari makanan-makanan olahan merupakan permulaan yang baik. Daripada memakan fruit-and-nut bar (camilan buah dan kacang), lebih baik makan buah-buahan asli—yang mengandung gula alami, fruktosa—dan kacang (nuts) dalam bentuk apa adanya (raw). Buah beri berbagai jenis tergolong di antara buah-buahan dengan kandungan gula yang rendah dan karena buah beri juga banyak mengandung antioksidan, serat dan vitamin, buah beri termasuk makanan paling sehat di dalam jajaran buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Orang yang suka coklat dan merindukan coklat mungkin akan sedikit terhibur dari kekecewaan mereka dengan adanya peringatan bahwa biji kakao (cacao nibs), bahan baku pembuatan coklat, merupakan alternatif rendah gula dan bisa dijadikan makanan pengganti coklat. Biji kakao mengandung antioksidan, flavanoid, serat, magnesium dan potassium dan juga manfaat kesehatan lainnya, selain memuaskan rasa ketagihan akan coklat.

4. Makanlah lemak yang sehat dan mengenyangkan.

 
Alpukat adalah buah-buahan lain (ya benar) yang kandungan gulanya rendah, namun kaya akan berbagai vitamin, kaya serat dan antioksidan. Buah ini juga banyak mengandung lemak, tapi lemak yang baik yang bermanfaat bagi jantung, menurut Health, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Pilihan lain dalam kategori ini adalah bauh almond: Baik yang mentah maupun yang matang atau berbentuk susu (almond milk), almond (almonds) kaya akan nutrient yang sama dengan alpukat dan merupakan makanan yang lebih mengenyangkan daripada, katakanlah, pisang atau wortel (carrot sticks). Peringatan untuk almond milk: Pilihlah yang tidak diberi pemanis, karena almond milk yang biasa sering kali mengandung gula dalam jumlah yang banyak.

5. Persiapkan.

 
Artinya  siapkan makanan sebelum waktunya makan, dan menyiapkan diri untuk mengudap dengan cara membawa makanan ke mana Anda pergi. Tak perlu membawa-bawa ulekan dan alat masak, tapi bawalah makanan dari rumah ke tempat kerja—sisa dari makanan sehat atau makanan terdiri dari lima bahan atau kurang yang bisa Anda buat sendiri dengan cepat—dan mengikutsertakan makanan-makanan di atas ke dalam makanan yang Anda siapkan akan mengarahkan Anda pada kebiasaan makan makanan sehat.

Sama halnya dengan menyiapkan makanan untuk dibawa ke kantor dan ketika Anda berpergian. Membawa sekantung almond, atau buah-buahan, atau vegetable stick (stick sayuran) dengan kuah buatan rumah (sebutlah, hummus) bisa berarti Anda akan bisa mengurangi belanja pada vending mesin dan mengurangi jumlah chips (kentang goreng, keripik) yang Anda konsumsi per hari. Simpan untuk persedian nanti dan hindari dorongan untuk membeli makanan snack kemasan dan olahan. (By Claire Lampen, March 6, 2016)
https://www.yahoo.com/news/5-ways-eat-healthy-dont-134700658.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger