Makanan-makanan yang Harus Dimakan dan yang Harus Dihindari untuk Merawat Kantung Empedu Anda


 
Kecil kemungkinan Anda bangun di pagi hari dan memikirkan kantung empedu (gallbladder) Anda, bukan? Mungkin Anda memikirkan jantung Anda, sistem pencernaan Anda, dan bahkan persendian dan otot-otot Anda, tapi kantung empedu? Eh, tidak terlalu sering. Begitulah, kecuali kantung empedu Anda itu mulai membuat masalah. Maka kalau demikian, mungkin kantung empedu-lah yang paling Anda pikirkan. Tapi kita semua harus tahu bagaimana caranya merawat kantung empedu, karena kantung empedu adalah penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan bisa sangat ditentukan oleh bagaimana kita merawat diri kita sendiri.

Pertama-tama, tentu saja, apakah fungsi kantung empedu dan di mana dia berada?

Kantung empedu 101

Jangan dikelirukan dengan kandung kemih (bladder), kantung empedu letaknya tepat di bawah liver. Bentuknya seperti buah pir yang kecil, kantung empedu menyimpan empedu (bile) yang diproduksi oleh liver Anda selama terjadi pencernaan. Sebelum Anda duduk dan makan makanan lezat atau snack, kantung empedu Anda dipenuhi oleh empedu. Setelah Anda selesai makan, kantung empedu akan menyimpan empedu (bile) dari lemak yang Anda makan, dan mulai mengisinya hingga penuh. Ketika pencernaan dan pembuangan (eliminasi) berjalan secara normal, kantung empedu akan melepas empedu yang tersimpan ke dalam usus kecil di mana empedu tersebut akan memasuki pembuluh (ducts). Ketika ini terjadi, empedu tersebut akan membantu mencerna lemak-lemak yang Anda makan. Meski kita bisa saja meminta kantung empedu kita dibuang dan merasa sehat-sehat saja, namun sebagian orang yang kantung empedunya dibuang bisa jadi mengalami masalah diare dan malabsorpsi. Hikmahnya: kantung empedu Anda ada karena ada gunanya, jadi rawatlah dia sebaik mungkin.

Gejala-gejala yang mesti diperhatikan

Jika kantung empedu seseorang tidak berfungsi normal, kemungkinan ini disebabkan oleh adanya inflamasi di dalam kantung empedu tersebut, kesulitan mencerna lemak dalam jumlah besar, atau boleh jadi karena ada sebuah pembuluh di dalam usus kecil tersumbat. Jika sebuah pembuluh tersumbat, hal ini bisa menyebabkan empedu memadat, sebuah kondisi yang dikenal sebagai batu empedu (gallstone). Batu empedu bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa setelah memakan makanan berlemak tinggi karena proses penyimpanan empedu dan pelepasan empedu tersebut tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Gejala-gejala batu empedu termasuk rasa sakit yang luar biasa setelah makan, nausea, muntah-muntah, rasa sakit yang berlangsung selama berhari-hari tepat di bawah tulang iga (ribs) Anda, dan pencernaan yang buruk setelah makan. Anda bisa melakukan tes pada penyedia layanan kesehatan profesional yang Anda percaya untuk mengetahui apakah Anda mengalami masalah batu empedu. Jika demikian, Anda harus melakukan operasi pembuangan batu empedu dan Anda akan perlu mengawasi makanan Anda dengan hati-hati dengan cara memakan makanan yang berlemak rendah. Jika hasil tes batu empedu Anda atau gangguan lain yang berhubungan dengan batu empedu Anda negatif, Anda boleh memakan makanan-makanan berlemak tinggi dan makanan-makanan inflamasi lainnya. Jika demikian, maka mudah bagi Anda untuk mengganti makanan.

Makanan-makanan untuk kantung empedu

Umumnya, tidak semua lemak itu buruk, jadi jangan terkesan bahwa Anda perlu makan makanan bebas lemak. Akan tetapi, mempertahankan berat tubuh yang sehat adalah kunci merawat kantung empedu Anda karena obesitas bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kantung empedu. Kuncinya adalah memilih makanan yang hanya sedikit mengandung lemak dan makan makanan yang banyak mengandung buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh (whole grain), kacang-kacangan biji (beans) dan kacang-kacangan polong (legume) (jika Anda menyukai dan tidak berpantang makanan tersebut), dan sedikit kacang-kacangan buah (nuts), biji-bijian (seeds), alpukat, dan minyak zaitun (tidak lebih dari dua sendok makan setiap kali makan, tapi untuk sebagian orang bisa kurang dari itu). Hindari minyak-minyak yang lebih banyak diolah daripada  makanan utuh dari mana minyak tersebut berasal dan sangat keras bagi kantung empedu Anda, khususnya ketika dimakan berlebih.

Utamakan juga menambahkan serat pada makanan Anda karena makanan yang kurang serat sering kali disebut-sebut sebagai penyebab timbulnya masalah kantung empedu.

Di bawah ini adalah beberapa makanan berserat yang bisa Anda pilih:
  • Brokoli
  • Cauliflower (kol bunga)
  • Sayuran hijau
  • Rempah-rempah
  • Seledri
  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Artichokes
  • Onions (bawang bombay)
  • Asparagus
  • Apel
  • Oranges (jeruk)
  • pisang
  • Berries (buah beri)
  • Zucchini (timun Jepang)
  • Nanas
  • Pepaya
  • Ceri
  • Whole Grains (biji-bijian utuh)
  • Beans (kacang-kacangan biji)
  • Legumes (kacang-kacangan polong)

Makanan-makanan yang mesti dihindari

Makanan-makanan yang perlu dihindari termasuk lemak hewan, yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan sangat sulit bagi tubuh untuk dicerna, makanan-makanan gorengan, makanan-makanan olahan, dan minyak-minyakan. Menghindari makanan-makanan ini bisa pula membantu Anda secara alami mengendalikan berat badan Anda, dan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan lebih mudah. Banyak peneliti percaya bahwa masalah kantung empedu berakar pada makanan-makanan Barat yang kaya akan lemak hewani dan makanan olahan, karbohidrat olahan (yang juga bisa menyebabkan obesitas dan masalah-masalah kantung empedu. Anda bisa mengikuti program makanan sehat vegan rendah lemak dari kami jika Anda tidak yakin apa yang akan Anda makan untuk membuat Anda sukses secara alami.

Jadi, berkenaan dengan tips makanan paling sehat, yang menyangkut masalah perawatan kantung empedu, makanan utuh yang sehat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah pilihan terbaik. Syukurlah, karena kami menyukai makanan-makanan tersebut.

Cobalah beberapa resep dari kami (lihat our recipes) untuk memulai dan lihat Bimbingan Nutrisi Berbasis Tumbuhan (lihat Plant-BasedNutrition Guide) dari kami untuk informasi lebih lanjut. (By Heather McClees)

Lead Image Source: monica.shaw/Flickr

http://www.onegreenplanet.org/natural-health/foods-to-eat-and-to-avoid-to-take-care-of-your-gallbladder/

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger