6 Jenis Alergi yang Paling Aneh dan Cara Pencegahannya


Bayangkan Anda memesan satu gelas bir di sebuah bar, kemudian mulai meneguk, dan tiba-tiba Anda merasa kulit Anda memerah dan hidung Anda mulai meler. Jantung Anda berdegup kencang, dan tiba-tiba Anda harus berlari ke kamar kecil.
Selamat datang dalam mimpi buruk: Anda alergi terhadap bir.
Mimpi buruk tersebut menjadi nyata bagi seorang pria Italia berusia 45 tahun, menurut sebuah studi terbaru dari sebuah tim peneliti alergi Italia. Tapi masih ada harapan: Setelah dilaku test tusuk kulit (skin-prick-testing) terhadap reaksi alergi dari pria tersebut terhadap 36 jenis bir, tim Italia tersebut menemukan ada dua jenis bir yang bisa diminum pria tersebut dengan aman. Huh! (Sains: Menyelamat satu orang manusia dunia sekali waktu.)
Apa yang menyebabkan alergi bir? Biasanya sejenis protein yang disebut LTP, yang terdapat pada jelai (barley), sebuah bahan yang umum terdapat dalam kebanyakan bir, kata Heinz Decker, Ph.D, yang telah mempelajari berbagai jenis alergi alkohol di Johannes Gutenberg University of Mainz. Reaksi-reaksi yang timbul berbeda-beda secara signifikan di antara para penderita. Anda bisa mengalami segala sesuatu mulai dari kulit yang gatal hingga perasaan  mual yang parah dan sakit kepala, kata Decker menjelaskan.
Alergi bir (dan anggur) terjadi pada sekitar 1 persen dari penduduk, menurut Food and Drug Administration. Jika hal itu menakutkan Anda, maka boleh jadi Anda akan berhenti membaca sampai di sini. Sebagian dari alergi yang paling aneh ternyata lebih banyak terdapat daripada yang Anda kira.
Anda alergi terhadap: Udara dingin atau air dingin (atau urticaria yang dipicu oleh yang dingin-dingin) (cold-induced urticaria)
Bagaimana cara mengetahuinya: Eksposur terhadap air dingin menyebabkan kulit gatal-gatal, timbul bilur-bliur besar kemerahan, atau gatal-gatal.
Kemungkinan: Sekitar 2 persen dari penduduk, meski jumlah rata-ratanya lebih tinggi di wilayah-wilayah tropis dan wilayah yang sangat dingin, menurut sebuah studi dalam jurnal journal Practical Dermatology.
Skenario terburuk: Bisa menyebabkan meninggal dunia, namun hanya jika Anda mengalami kasus yang sangat parah yang tak biasa dan Anda kemudian memutuskan menyelam di dalam air yang dingin membeku. (Jangan lakukan.)
Biang keroknya: Ketika Anda merasa dingin, maka kulit Anda memproduksi “mediator kimia” seperti histamine yang bisa menyebabkan pembuluh darah Anda mengkerut, kata sebuah studi dalam New England Journal of Medicine. Sayangnya, Anda juga alergi terhadap salah satu atau lebih dari zat-zat kimia tersebut, kata studi tersebut.
Bagaimana mengatasinya: Selimuti tubuh Anda dan tunggu. Bagi kebanyakan penderita, simptom tersebut akan mereda setelah beberapa tahun.
Anda alergi terhadap: Sepatu (alias dermatitis kontak yang disebabkan oleh bahan kulit)
Bagaimana Anda mengetahuinya: Kontak dengan bahan kulit (leather) menyebabkan kulit Anda membengkak, timbul ruam, lepuh atau timbul rasa seperti terbakar.
Kemungkinan: Secara kasar satu dalam 500 orang, kata Persatuan Alergi Dunia.
Kemungkinan terburuk: Anda tidak bisa memakai sepatu atau ikat pinggang kulit, atau dasi bolo (bolo tie) yang memikat yang baru saja Anda beli.
Biang keroknya: Sejenis resin formaldehyde yang disebut PTBP yang digunakan untuk melengkapi kebanyakan produk-produk berbahan kulit.
Bagaimana mengatasinya: Sapu kulit Anda dengan kain basah. Jika tidak berhasil, cobalah obat-obatan tropis seperti krim atau losion yang mengandung corticosteroids, seperti Cortaid.
Anda alergi terhadap: Sinar matahari (alias erupsi cahaya polymorphic)
Bagaimana cara mengetahuinya: Kulit gatal dan timbul benjolan kecil atau gatl-gatal dalam tempo 1 hingga 4 hari setelah terkena sinar matahri. Bisa juga timbul bengkak pada kulit atau benjolan rata yang disebut plaques, kata Perpustakaan Nasional bidang Obat-obatan AS.
Kemungkinan: Hingga 10 persen dari penduduk AS, tapi lebih banyak terdapat pada mereka yang tinggal di negara-negara Eropa Utara, menurut hasil sebuah studi dari St. John's Institute of Dermatology di inggris.
Kemungkinan terburuk: Reaksi yang parah bisa menimbulkan bekas-bekas berlubang. 
Biang keroknya: Radiasi sinar ultraviolet dari cahaya matahari menyebabkan perubahan-perubahan pada protein kulit Anda. Sistem imun Anda salah dalam mengidentifikasi protein-protein tersebut sebagai berbahaya dan menyerangnya.
Bagaimana mengatasinya: Obat-obatan antihistamine seperti krim Claritin atau Benadryl, atau corticosteroid seperti Cortaid.
Anda alergi terhadap: Uang (alias dermatitis kontak yang dipicu oleh nikel)
Bagaimana mengetahuinya: Menyentuh koin, permata jenis tertentu atau jam tangan, atau benda-benda lain yang terbuat dari nikel menimbulkan ruam kulit atau benjolan-benjolan, kulit gatal, atau kulit kering seperti terbakar.
Kemungkinan: Hingga 6 persen dari pria, namun mencapai 10 persen pada wanita. (Maka mulailah menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas.)
Kemungkinan terburuk: Kulit bisa melepuh dan berair.
Biang keroknya: Sistem imun tubuh Anda mengindentifikasi nikel sebagai musuh. Para dokter kulit tidak yakin orang bisa alergi terhadap zat-zat tertentu, namun hal ini boleh jadi merupakan penyakit keturunan.
Bagaimana mengatasinya: Obat-obatan antihistamines atau corticosteroids seperti Allegra, Zyrtec, atau prednisone.
Anda alergi terhadap: Kerang-kerangan (Shellfish)
Bagaimana mengetahuinya: Kontak dengan crustaceans seperti udang, lobster, atau kepiting menyebabkan timbulnya gatal-gatal; bibir, wajah, atau kerongkongan bengkak; kesulitan bernapas atau congestion; diare; atau nausea.
Kemungkinan: Sekitar 2 persen dari penduduk AS, menurut hasil temuan American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI).
Kemungkinan terburuk: Bisa menyebabkan kematian. Reaksi yang buruk bisa menimbulkan anaphylaxis, yang berarti kerongkongan Anda bengkak dan Anda tidak bisa bernapas, Anda mengalami pusing, dan Anda boleh jadi mengalami shock.
Biang keroknya: Protein kerang-kerangan tertentu menyebabkan sistem imun Anda panik dan melepas histamine dan zat-zat kimia lain yang memproduksi simptom-simptom alergi dalam tubuh Anda.
Bagaimana mengatasinya: Jauhi kerang-kerangan. Jika Anda benar-benar mempunyai reaksi alergi, gunakan obat antihistamine yang diminum seperti Claritin or Benadryl. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau menelan, segeralah masuk ruang emergensi (ER) di rumah sakit, menurut nasehat ACAAI. (Markham Heid, Friday, August 17, 2012)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger