Manfaat Bersepeda


Belakangan ini saya perhatikan banyak anak muda yang kembali bersepeda, baik untuk olahraga maupun sebagai kendaraan ke tempat kerja. Kendaraan tak bermotor yang dulu sempat langka ini kini marak kembali. Di samping anak-anak usia sekolah dasar yang masih sering menggunakan kendaraan ini untuk bermain sehari-hari, setiap pagi hari saya menyaksikan banyak anak-anak SMA yang mengendarai sepeda ke sekolah. Melihat orang bersepeda di jalan raya sungguh merupakan sebuah pemandangan yang sedap.

Sepeda tak bermotor kini merupakan oasis yang menyejukkan di tengah-tengah bisingnya kendaraan bermotor yang kini tampak semakin lama semakin membludak di jalan raya. Murah dan mudahnya orang mendapat sepeda motor saat ini adalah sebuah faktor penyebab banyaknya kendaraan ini berlalu lalang di jalan raya.

Pengunaan sepeda motor sebagai kendaraan sebenarnya kurang menguntungkan. Di satu sisi, kendaraan ini merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar, di samping mobil. Di sisi lain, sepeda motor juga kurang baik bagi kesehatan dibandingkan dengan mobil. Dan celakanya, sepeda motor merupakan penyumbang terbesar kematian akibat kecelakan lalu lintas. Namun demikian jumlah sepeda motor kian hari kian meningkat di negeri kita tercinta ini.

Di sisi lain, sepeda, meski kurang bermanfaat dari sisi efisiensi waktu, merupakan kendaraan yang paling sehat. Sepeda tidak menimbulkan emisi gas buang yang bisa menyebabkan polusi. Menggoes sepeda juga merupakan sebuah olaharaga yang menyehatkan. Dan harganya yang lebih murah dibandingkan kendaraan lain tentu saja lebih menuntungkan dari segi ekonomi.

Jadi apalagi kurangnya sepeda, dan mengapa Anda masih membangga-banggakan sepeda motor yang sering kali menimbulkan masalah itu. Jual sepeda mtor Anda dan beralihlah ke sepeda mulai sekarang.
Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari bersepeda:

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan
Anda bisa mengendarai sepeda hampir setiap hari, kapan saja di sepanjang tahun, dan tanpa harus mengeluarkan biaya. Banyak orang enggan melakukan olahraga tertentu karena olahraga itu menghendaki keterampilan tingkat tinggi, atau mungkin karena mereka tidak bisa bergabung dalam sebuah tim karena masalah waktu. Kebanyakan dari kita bisa mengendarai sepeda dan sekali Anda bisa bersepeda Anda tidak akan pernah lupa lagi. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah sepeda, setengah jam di sini atau di sana kalau Anda suka, dan sedikit kepercayaan diri.

Bersepeda membangun kekuatan dan kekencangan otot
Bertentangan dengan anggapan umum, bersepeda bukanlah olahraga yang hanya melibatkan kaki semata. Bersepeda juga membangun kekuatan dengan cara yang holistik karena setiap bagian tubuh dilibatkan dalam bersepeda.

Bersepeda meningkatkan kekuatan otot
Bersepeda bisa memperbaiki fungsi umum otot secara perlahan, dengan hanya sedikit resiko mengalami  kelebihan olahraga (over exercise) atau keseleo. Bersepeda secara teratur bisa memperkuat oto-otot kaki dan sangat baik untuk mobilitas pinggang dan sendi lutut. Otot kaki, paha, bokong dan pinggang Anda akan secara perlahan mengencang.

Bersepeda membangun stamina
Bersepeda adalah cara yang baik untuk membangun stamina. Cara ini sangat efektif, karena orang menikmati bersepeda dan mereka tidak menyadari bahwa mereka telah menempuh jarak yang lebih jauh dari yang terakhir kalinya tempuh dengan bersepeda.

Bersepeda memperbaiki kesehatan kardiovaskuler
Bersepeda membuat jantung berdetak atabil dan membantu memperbiki kesehatan kardiovaskuler. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bersepeda ke tempat kerja bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskuler sebesar 3-7 persen. Bersepeda menggunakan kelompok otot yang terbesar yaitu otot kaki, meningkatkan rata-rata detak jantung yang bermanfaat untuk stamina dan kebugaran.

Bersepeda membakar kalori
Bersepeda merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan yang tidak diinginkan. Bersepeda statis bisa membakar hingga 300 kalori per jam. Jika Anda bersepeda selama 30 menit sehari maka Anda akan membakar 11 pond lemak dalam setahun. Karena bersepeda membantu membangun otot-otot, maka bersepeda juga bisa meningkatkan rata-rata metabolisme Anda lama setelah Anda selesai melakukannya.

Bersepeda memperbaiki kesehatan jantung
Menurut Asosiasi Kesehatan Inggris, bersepeda selama 20 menit saja seminggu bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebanyak 50%. Sebuah penelitian besar yang melibatkan 10.000 pegawai negeri di negara itu mengisyatakan bahwa mereka yang bersepeda 20 mil selama seminggu hanya separuh kemungkinan akan menderita penyakit jantung dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak bersepeda.

Bersepeda memperbaiki koordinasi tubuh
Bersepeda adalah sebuh aktivitas yang melibatkan seluruh tubuh. Oleh karena itu, koordinasi lengan-ke-kaki, kaki-ke-tangan dan tubuh-ke-mata bisa diperbiki dengan bersepeda.

Bersepeda mengurangi stress
Olahraga apa saja kalau dilakukan secara teratur bisa mengurangi stress dan depresi dan memperbaiki kesehatan dan kepercayaan diri. Bersepeda di luar ruang adalah cara yang baik untuk menyatu dengan alam dan untuk menghirup udara segar. Bersepeda bisa membuat kita melarikan diri dari stress kehidupan sehari-hari dan bisa mengembalikan jiwa muda.


(sumber: http://www.adultbicycling.com/component/content/article/9-bicycling-basics/37-health-benefits-of-cycling-ii.html)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger